web stats
Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

-Perangkat keras jaringan komputer

Perangkat dalam jaringan komputer yang perlu diperhatikan mendasar dan yang harus ada, dan beberapa tambahan yang dapat digunakan untuk memperkuat kinerja jaringan sehingga memantapkan kecepatan akses internet.
Perangkat yang harus ada :
  1. Modem singkatan dari modulator dan demodulator. Modulator berfungsi untuk melakukan proses menenempatkan paket data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa agar dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses ini biasa disebut dengan proses modulasi. pada proses ini data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan Demodulator berfungsi sebagai proses mendapatkan kembali data yang dikirim oleh pengirim. Pada proses ini data akan dipisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa dibaca oleh komputer. Jadi kesimpulannya fungsi modem adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan pesan/data ke alamat yang dituju. Bisa juga diartikan sebagai perantara untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan internet

  2. Client, merupakan komputer yang digunakan user untuk mengakses data dari server
  3. Kartu jaringan, LAN Card atau Network Inerface Card (NIC) adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk mengkoneksikan antara komputer client dengan jaringan komputer yang ada, dan umumnya sekarang sudah onboard (jadi satu) dalam motherboard tinggal instal drivernya.

  4. HUB / Switch, pembagi sinyal data dari jaringan komputer ke LAN card pada komputer klien, umumnya sekarang banyak dipakai adalah switch karena paket data yang loss(hilang) lebih sedikit.

  5. Kabel konektor, dalam jaringan kabel konektor yang dipakai bermacam-macam tapi yang lazim adalah, UTP, coaxial, Fiber Optik, untuk kecepatan transfernya lihat tabel dibawah ini : 
No Media/ kabel Panjang
Maksimum
Kecepatan
Maksimum
1 Kabel Coaxial 50 ohm (Ethernet 10Base2, ThinNet) 200 m 10 - 100 Mbps
2 Kabel Coaxial 75 ohm (Ethernet 10Base5, ThinNet) 500 m 11 - 100 Mbps
3 UTP Kategori 5 (Ethernet 10BaseT, 100Base-TX) 100 m 10 Mbps
4 UTP Kategori 5 (Ethernet 100Base-TX, Fast Ethernet) 100 m 100 Mbps
5 Multimode (62,5/125um) Serat optic 100Base-FX 2 km 100 Mbps
6 Singlemode (10 um core) Serat optic 1000Base-LX 3 km 1000 Mbps
(1 Gbps)
7 Wireless (Wireless fidelity/wifi) 100 m 2 Mbps
8 Infra Red (IrDA) Infra Merah 1 m 4 Mbps

Perangkat Tambahan :
  1. Server pada umumnya digunakan untuk menempatkan sumber data baik berupa database, maupun layanan data yang dibutuhkan dalam akses internet dengan kata lain digunakan sebagai server proxy, yang menjembatani loading lama pada saat website yang pernah/sering (favorite) diakses oleh pengguna. maka tidak akan memakan bandwith untuk membuka website tersebut.


  2. Repeater,  berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan, pada mode wireless biasanya perangkat ini digunakan karena terjadi blankspot (area tanpa sinyal) diperlukan pemancar ulang pada hotspotnya dan alat inilah yang digunakan.



  3. Bridge adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan jaringan satu dengan jaringan lain sehingga lebih besar jaringannya.
  4. Router, merupakan ujung tombak dalam mengatur aliran data pada jaringan komputer, dari mulai membagi kategori jaringan kemudian besaran trafic yang ingin diberikan dalam tiap kategori jaringan, serta membatasi dan juga memperkuat akses jaringan, contoh: Router pabrikan "mikrotik", router PC bisa memakai linux, ataupun komputer PC diisi mikrotik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar